November 22, 2009

Loyalitas oh loyalitas....

Sangat sering kita mendengar kata Loyalitas, baik loyal terhadap bangsa, negara, perusahaan, maupun terhadap jabatan, bagaimana dan apakah loyalitas itu..? disini saya hanya membatasi pembahasan hanya mengenai loyalitas untuk lingkup pekerjaan saja dan tidak terlalu dalam apa yang saya coba sajikan disini, tetapi mudah-mudahan sedikit membantu dan mengingatkan kita akan hal tersebut.
Loyalitas adalah jalan ter-sempurna pada sebuah tujuan mulia, dan tanpa loyalitas kita akan sulit menjadi pribadi yang tulus, yang ikhlas menjalankan pekerjaan kita.
Loyalitas merupakan tindakan baik untuk membentuk karakter hebat di dalam diri kita, bersama loyalitas kita akan menyelesaikan semua tugas dan tanggung jawab dengan sempurna.

Loyalitas bila dilihat dari sisi pengusaha
Loyalitas adalah suatu istilah yang sangat disukai oleh para pengusaha bila memandang karyawannya. Pengusaha mengartikan loyalitas adalah suatu kesetiaan karyawan kepada dia, kepada atasan, atau perusahaan.

Loyalitas bila dilihat dari sisi karyawan
Loyalitas apabila dilihat dari sisi karyawan adalah "kesetiaan" , baik kesetiaan terhadap perusahaan kesetiaan terhadap tanggung jawab yang dibebankan diatas pundaknya oleh perusahaanbn tempat ia bekerja. Loyalitas karyawan dapat tercipta apabila seorang karyawan mempunyai "rasa memiliki" (sense of belonging) terhadap perusahaan tempat ia bekerja, serta mempunyai Profesionalisme.
Apa yang dimaksud dengan Profesioanlisme..? Profesionalisme sendiri mempunyai arti bahwa setiap karyawan harus bekerja gigih dengan suatu penguasaan keahlian. Dengan demikian, karyawan tersebut akan mempunyai kepastian sendiri atas masadepan kariernya karena dia berkompeten. Sehingga apabila ditarik kesimpulan maka Profesional adalah orang yang berkompeten pada bidang yang sesuai dengan minat dan skill nya.

Bagaimana menumbuhkan loyalitas karyawan..?
Menurut saya, loyalitas bukan hanya "sifat bawaan" karyawan semata, tetapi harus juga ditunjang dengan rangsangan (stimulus) dari pihak perusahaan, apa sajakah stimulus yang harus dilakukan oleh perusahaan atau pimpinan perusahaan tersebut? saya akan coba sebutkan beberapa hal berikut:
1. Seberapa besarkah kepedulian kita terhadap karyawan
2. Sudahkah ada keteladanan pada diri kita selaku pengusaha
3. Seberapa sering / pernahkah kita bersilaturahmi dan membangun suatu hubungan emosional yang cukup intense dengan karyawan
4. Berbagi Ilmu
5. Sentuhan spiritual untuk lebih meningkatkan hubungan emosional
6. Kenali arah motivasi karyawan kita
7. Punish and reward

Apabila hal-hal diatas sudah anda jalankan, maka loyalitas karyawan yang anda harapkan akan tumbuh dengan sendirinya, Percayalah...!, karena sebagai pemimpin perusahaan kita tentu tidak mengharapkan loyalitas yang hanya sebatas "lipstik" saja, artinya loyalitas yang ada apabila diperlukan untuk tujuan "menjilat atasan" dan dan akan luntur dengan segera. Loyalitas terbaik adalah yang dimiliki oleh pribadi-pribadi tulus, ikhlas, jujur atas pengabdiannya.

Secara mengejutkan kita disodorkan oleh sebuah hasil pooling yang dilakukan oleh Opinion Research Corp. yang selama 15 tahun telah meneliti karyawan-karyawan dari banyak perusahaan di Amerika, bila hasil yang diperoleh antara tahun 1970-1974 menunjukan sebanyak 69% dari ribuan manager masih "percaya" akan kompetensi pimpinannya untuk mengelola perusahaan secara baik (sehingga pekerjaan pun relatif terjamin), maka angka ini turun secara drastis antara tahun 1980-1985 menjadi hanya47% saja, sedangkan bagaimana hasil pooling di tahun 200-an ini?? mungkinkah makin turun lagi tingkat kepercayaan pana manager ini..?
Mungkinkah bisa me-representasikan keadaan di Indonesia..? mungkin belum tentu, tetapi mungkin juga iya karena seperti kita ketahui semua, bahwa sistem pengelolaan pasar dan perusahaan di Indonesia banyak mengacu kepada ahli-ahli negara itu.
Akhirnya kita sebagai karyawan mari hendaknya tidak hanya menunggu sampai para pemimpin perusahaan menjalankan stimulus-stimulus diatas, tapi kita dengan itikad baik, jujur, ikhlas mengembangkan sikap loyalitas dan profesionalitas kerja. (23/11/09_af)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Please Leave U're Comment

Plaza Indonesia Ext

Plaza Indonesia Ext
Proyek pembangunan central jakarta