Juli 25, 2008

Kantor Canggih Bernuansa Alami



Desain kantor ini tidak hanya mengakomodasi kegiatan bekerja tetapi juga berhasil mengekspresikan citra perusahaan yang canggih dan atmosfer ruang bernuansa natural modern.
Kantor yang berlokasi di kawasan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan ini merupakan basis perusahaan Concept Technology yang bergerak di bidang tata cahaya / lighting dan sistem otomatisasi / automation system. Kantor seluas 500 m2 ini merupakan hasil renovasi total (bangunan baru) rumah lama yang diubah menjadi bangunan dengan total lima lantai agar dapat menampung banyak ruangan sesuai dengan kebutuhan pekerjanya. Kantor ini juga dilengkapi oleh sistem otomatisasi canggih agar dapat memberikan fleksibilitas, kemudahan, kenyamanan, keamanan dan komunikasi intens sesuai dengan citra perusahaan. Konsep desain dipercayakan kepada tim arsitek Coleen Hadipurnama dari CH Form+Graphic sedangkan pembangunannya oleh Liman Wijaya dari Jayagiri Permai.

Sebagai tahap awal, arsitek merancang massa bangunan yang berkesan dua lantai dengan atap perisai dan jendela kaca lebar agar sesuai dengan aturan pembangunan di kawasan tersebut. Tampilan kantor ini didesain bergaya natural minimalis dengan menonjolkan bentuk kotak-kotak geometris yang bebas dari detail rumit. Arsitek juga banyak menerapkan material alami pada setiap elemen bangunan yang dikombinasi dengan teknologi canggih. Contohnya, sebagian dinding fasada dan seluruh lantai kantor dilapisi oleh batu andesit sedangkan pintunya terbuat dari kayu jati tanpa finishing. Selain itu, jendela kaca setinggi dua lantai pada fasada dilengkapi oleh alat mekanis berupa penjepit kaca tanpa kusen / spider fitting yang berhasil memperluas pandangan.

Berlanjut ke layout ruang dalam, arsitek menyusun lima buah lantai secara berselang seling di dalam bangunan / split level dimana lantai dasar ditata untuk area penerima tamu, area pameran / acara dan dilengkapi oleh courtyard dengan gazebo di dalamnya. Lantai satu untuk ruang rapat, ruang pelatihan dan area servis sedangkan lantai dua untuk ruang kerja pimpinan, ruang kerja desainer dan staf keuangan serta pantri. Lantai tiga dan lantai empat untuk ruang kerja staf produksi serta gudang sedangkan lantai lima khusus untuk penthouse milik pimpinan yang terdiri dari kamar tidur, kamar mandi terbuka dari area nonton tv. Pusat sirkulasi bangunan adalah area tangga yang dirancang terbuka dengan menonjolkan konstruksi baja yang disekat dengan dinding kaca. Interior kantor juga didesain bernuansa natural dan nyaman yaitu seluruh plafon, dinding dalam, kusen aluminium bahkan pagar balkon dicat warna putih. Yang unik dan inspiratif dari kantor ini adalah adanya satu ruangan yang dilengkapi oleh lemari built in khusus untuk pelatihan dan presentasi mengenai prinsip dasar dalam tata cahaya / lighting dan sistem otomatisasi. (Fitriyadi 7/25)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Please Leave U're Comment

Plaza Indonesia Ext

Plaza Indonesia Ext
Proyek pembangunan central jakarta